Beranda » Uncategorized » Inilah Cara Menghitung Biaya Kirim Barang ke Luar Negeri

Inilah Cara Menghitung Biaya Kirim Barang ke Luar Negeri

T Diposting oleh pada 15 November 2018
F Kategori
b 1 komentar
@ Dilihat 353 kali

Apakah anda bingung cara menghitung biaya kirim barang ke luar negeri?

Apakah Anda pernah mengalami hal ini? Sudah mendapatkan calon pembeli potensial dari luar negeri tapi ketika ditanya biaya ongkos kirim nya anda bingung cara menghitung nya?

Atau anda belum mengetahui apa saja komponen biaya yang mempengaruhi perhitungan tarif biaya kirim barang ke luar negeri?

Dan pastinya anda ingin mengetahui bagaimana cara mendapatkan harga kirim barang ke luar negeri yang paling hemat?

Simak informasi berikut ini sampai akhir karena mungkin inilah solusi yang anda butuhkan.

Dalam artikel ini kami hanya akan membahas pengiriman barang ke luar negeri menggunakan moda transportasi udara / airfreight dengan layanan door to door maupun port to port. Oleh karena itu apabila barang yang akan anda kirim ke luar negeri bisa masuk ke dalam pesawat terbang dari sisi ukuran barang maupun berat barang nya maka membaca artikel ini akan sangat bermanfaat untuk anda.

Untuk mendapatkan perhitungan biaya kirim barang ke luar negeri ada beberapa hal yang harus di perhatikan, yaitu:

  1. Berat dan Ukuran Barang. Di dalam pengiriman internasional diberlakukan 2 perhitungan berat. Pertama adalah berat barang ditimbang biasa disebut berat aktual dan berat barang di ukur atau biasa disebut perhitungan volumetric.

Kedua perhitungan berat ini harus di cek secara detail karena pengenaan biaya pengiriman di dasarkan pada berat barang yang dikirim. Jangan sampai salah hitung. Berat yang akan dikenakan adalah berat yang paling besar antara perhitungan beat actual dan berat volumetric. Contoh apabila barang ditimbang berat nya 10 kg namun ketika di ukur berat nya 13 kg maka anda akan dikenakan biaya yang terbesar yaitu 13 kg .

Mungkin kalau perhitungan berat barang sangat mudah cara nya, yaitu barang ditimbang maka sudah bisa diketahui berapa berat nya.

Namun untuk perhitungan berat volumetric ada rumus yang harus anda ketahui. Rumusnya adalah Panjang x Lebar x Tinggi (dalam cm) dibagi dengan 5.000 = … Kg (konversi)

Jadi anda harus mengukur terlebih dahulu panjang barang, lebar barang dan tinggi barang nya dalam ukuran centimeter (cm). Ukur sisi terluar nya, contoh seumpama bentuk packing nya tidak presisi maka yang dijadikan patokan adalah sisi yang paling luar / paling jauh. Setelah mengetahui ukuran Panjang, lebar dan tinggi nya anda tinggal mengalikan nya dan membagi dengan 5.000. Banyak yang bertanya 5.000 itu angka darimana? 5.000 itu adalah angka yang berlaku secara internasional untuk pengenaan tarif volume. Contoh nya sebagai berikut:

Apabila anda mengirim paket dengan detail ukuran paket nya adalah 48 x 48 x 30 cm maka perhitungan nya adalah 48x48x30/5.000 = 13,82 Kg dibulatkan menjadi 14 Kg (pembulatan dalam internasional dikenakan per 0,5 Kg).

Pada kasus-kasus tertentu anda akan dikenakan tambahan biaya. Biasa disebut dengan Surcharge. Surcharge yang berkaitan dengan berat dan ukuran salah satunya adalah:

  • Apabila panjang barang yang dikirim lebih dari 120 cm
  • Apabila berat barang 1 koli nya diatas 30 Kg
  • Dll

Untuk mengetahui lebih detail silahkan konsultasikan terlebi dahulu dengan kami melalui whatsapp di nomor 0812345 28 678. Kami akan membantu anda untuk memberikan informasi mengenai pengenaan tarif surcharge apabila ada.

Informasi dan Konsultasi GRATIS KLIK DISINI! 

Dengan mengetahui berat barang seperti penjelasan diatas maka anda sudah bisa menghitung biaya kirim paket ke luar negeri.

  1. Alamat Lengkap disertai dengan kode pos (postal code) dari penerima di negara tujuan. Setelah mengetahui berat dan ukuran barang maka selanjutnya adalah cek alamat lengkap serta kode pos dari penerima barang di negara tujuan. Hal ini hanya berlaku untuk pengiriman dengan menggunakan layanan door to door. Artinya barang di kirim sampai ke alamat penerima.

Mengapa harus mengetahui alamat dan kode pos nya?

Karena pihak kurir akan memeriksa terlebih dahulu apakah alamat penerima masih dalam jangkauan area pengiriman yang bisa mereka antar. Pihak kurir akan memeriksa dari kode pos yang di info kan. Dari kode pos tersebut dapat diketahui apakah alamat penerima masih dalam jangkauan pengantaran atau tidak. Lalu pertanyaan yang sering muncul adalah, bagaimana apabila kode pos dari penerima tidak masuk kedalam area pengantaran kurir? Jawaban nya ada 2, yaitu kurir tidak memiliki agent untuk mengirim kesana atau kurir memiliki agent penerusan untuk pengiriman kesana hanya saja dikenakan biaya tambahan dan waktu tambahan untuk mengirim ke alamat tersebut.

Hal ini harus benar-benar anda perhatikan karena apabila terkena biaya tambahan (biasa disebut dengan ODA Charge / Out of Delivery Area Charge) maka otomatis biaya pengiriman akan menjadi bertambah.

Untuk memeriksa kode pos dari alamat yang akan anda tuju apakah terkena tambahan biaya ODA charge atau tidak anda bisa langsung menghubungi customer sevice kami di whatsapp 0812345 28 678.

  1. Biaya pajak masuk di negara penerima. Point terakhir ini yang sering sekali tidak di perhitungkan di awal. Seluruh pengiriman internasional baik menggunakan layanan door to door maupun port to port akan selalu dikenakan pajak masuk di negara tujuan. Harga yang disampaikan oleh pihak kurir belum termasuk biaya pajak masuk tersebut. Pihak kurir tidak bisa membantu menghitungkan pajak masuk karena hal tersebut merupakan regulasi dari masing-masing negara penerima barang. Pajak masuk dibebankan kepada penerima barang. Untuk besaran nya sekali lagi kami infokan bahwa pihak pengirim ataupun pihak kurir tidak bisa memberikan prediksi berapa pajak masuk yang akan dikenakan ke penerima.

Hanya saja kami bisa memberikan sedikit gambaran dasar perhitungan dari pajak masuk tersebut adalah nilai barang / harga barang (value) yang dikirimkan. Sering kami mendapat pertanyaan, bagaimana apabila harga barang di murahkan pada dokumen eksport agar mendapatkan perhitungan pajak masuk yang murah? Apabila ada pertanyaan seperti ini kami selalu menjawab hal tersebut tidak mungkin dilakukan karena bea cukai masing-masing negara sudah memiliki post tarif sendiri untuk masing-masing detail item yang masuk ke negara nya. Jadi hal tersebut tidak akan terlalu berdampak.

Inilah 3 dasar perhitungan pengenaan tarif atau biaya kirim barang ke luar negeri. Dengan mengetahui 3 hal tersebut anda bisa menghitung biaya pokok barang ditambah dengan ongkos kirim nya. Sehingga memudahkan anda untuk memberikan penawaran kepada buyer / pembeli barang anda di luar negeri.

Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan biaya kirim barang ke luar negeri yang paling hemat?

Caranya adalah anda harus mengetahui terlebih dahulu bahwa masing-masing kurir internasional seperti contoh DHL, FedEx atau TnT memiliki keunggulan harga di masing-masing negara. Contoh DHL lebih hemat untuk pengiriman ke negara timur tengah dan Eropa, sedangkan FedEx lebih hemat untuk pengiriman ke negara-negara Asia, begitu juga TnT memiliki keunggulan harga hemat tujuan negara-negara seperti Australia dan beberapa negara eropa lainnya.

Tentu saja hal ini akan membuat anda menjadi bingung dan banyak pertimbangan. Oleh karena itu kami SuperCourier hadir untuk memberikan solusi menghemat waktu anda untuk memilihkan layanan terbaik dan vendor terhemat untuk anda. Dengan pengalaman kami selama belasan tahun menghandle pengiriman internasional maka kami akan memberikan solusi terbaik bagi setiap pengiriman internasional anda.

Kami akan memberikan informasi mengenai layanan dan harga yang terbaik untuk anda. Selain itu kami akan memberikan konsultasi secara GRATIS mengenai persiapan pengiriman anda, dokumen apa saja yang harus anda siapkan, cara pengemasan barang yang aman, bahkan kami memberikan layanan penjemputan paket di rumah atau kantor anda.

Oleh karena itu segera konsultasikan pengiriman anda melalui whatsapp di nomor 0812345 28 678 atau klik link dibawah ini.

CHAT dengan kami sekarang 

Dapatkan harga promo untuk pengiriman diatas 21 Kg ke berbagai negara hanya dengan kontak whatsapp kami sekarang juga. Tunggu apalagi, langsung kontak whatsapp kami di nomor 0812345 28 678 sekarang juga dan dapatkan tarif PROMO serta FREE Konsultasi eksport.

ORDER SEKARANG 

Biaya Kirim Barang ke Luar Negeri

Simak artikel lainnya berikut ini: Jasa Pengiriman Barang Keluar Negeri

1 Komentar untuk Inilah Cara Menghitung Biaya Kirim Barang ke Luar Negeri

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Inilah Cara Menghitung Biaya Kirim Barang ke Luar Negeri

Penyewaan Truk Surabaya

Jasa Penyewaan Truk Surabaya ke Jakarta (CDD Long)

T 9 May 2018 F A supercou

Inilah Solusi Terbaik untuk Penyewaan Truk Surabaya di Perusahaan Anda. Puluhan perusahaan sudah menggunakan cara ini untuk menghemat biaya charter truk. Apakah perusahaan anda sering menggunakan truk untuk kebutuhan pengiriman barang dari Surabaya, Sidoarjo dan Gresik ke wilayah JABODETABEK atau... Selengkapnya

Perusahaan Ekspedisi di Surabaya

Perusahaan Ekspedisi di Surabaya Termurah

T 22 April 2018 F A supercou

Surabaya adalah kota yang sering dijadikan pintu / gerbang distribusi barang dari Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah atau Sumatra. Beberapa perusahaan apabila memiliki market di Indonesia Timur biasanya akan membuka Distribution Center (DC) di Surabaya sebagai hub untuk Indonesia Timur.... Selengkapnya

Kirim Paket Paling Murah

Bagaimana Cara Kirim Paket Paling Murah

T 22 April 2018 F A supercou

Bagaimanakah cara kirim paket paling murah? Sekarang banyak sekali jasa kurir yang menawarkan jasa pengiriman, seiring dengan berkembangnya industry e-commerce maka kebutuhan akan jasa pengiriman semakin tinggi. Banyak perusahaan kurir baru yang bermunculan dan menawarkan berbagai macam promosi atau fitur... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi CUSTOMER SERVICE kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/layanan kami.